rpp bahasa inggris passive voice
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi Waktu : 1x 20menit ( 1x
pertemuan)
Aspek : Menulis
Topik Pembelajaran :
Passive Voice
Pertemuan Ke : 1
A. Standar
Kompetensi
12. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek berbentuk narrative, spoof,descriptive
dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B. Kompetensi Dasar
12.1 Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sangat sederhana degan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
Indikator Pencapain Kompetensi
·
Tanya
jawab tentang passive voice.
·
Siswa
dapat mengidentifikasi bagian masing-masing dari kalimat. (S+V+O).
·
Siswa dapat membuat kalimat passive
voice dengan berbagai bentuk tenses.
·
Memperhatikan
dan menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis
dengan benar
Budaya dan Karakter Bangsa
·
Kreatif
·
Teliti
·
Kerja keras
·
Mandiri
C.Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaraa:
·
Siswa dapat membuat kalimat passive
voice dengan berbagai bentuk tenses.
·
Siswa
dapat mengidentifikasi bagian masing-masing dari kalimat (S+V+O)
D.Materi
Pokok
• 1.Present
simple
S + am/is/are + V3 + O
• 2.Past
simple
S + was/were + V3 + O
• 3.
Simple Perfect
S + has/have + been + V3 + O
• 4.
Simple Future
S + will / shall + be + V3 + O
• 5.
Present progressive
S + is being +V3 + O
Verb : to help
Subject
|
Verb
“ to be”
|
Past
Participle
|
Simple
Present:
|
|
|
The boy
|
Is
|
Helped by mary
|
Simple
past:
|
|
|
The boy
|
Was
|
Helped by mary
|
Present
continuous:
|
|
|
The boy
|
is being
|
Helped by mary
|
Past
continuous:
|
|
|
The boy
|
was being
|
Helped by mary
|
Present
perfect:
|
|
|
The boy
|
has been
|
Helped by mary
|
Past
perfect:
|
|
|
The boy
|
had been
|
Helped by mary
|
Present
future:
|
|
|
The boy
|
will be
|
Helped by mary
|
Past
future:
|
|
|
The boy
|
would be
|
Helped by mary
|
E.Metode
Pembelajaran / Teknik
Audio Visual Method (AFM)
F.
Langkah-lankah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
awal (5’)
Ø
Mengucapkan salam dengan ramah kepada
siswa ketika memasuki ruang kelas.
Ø
Mengecek kehadiran siswa
Ø
Apersepsi
Ø
Motivasi siswa
Kegiatan
inti (10’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
·
Memberikan stimulus berupa pemberian
materi tentang passive voice.
·
Memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengungkapkan pengetahuan mereka tentang passive voice.
·
Memberikan
kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan perbedaan kalimat aktif dan kalimat
pasif.
Elaborasi
·
Menjelaskan bentuk passive sentence
kepada siswa
·
Membimbing siswa untuk mengidentifikasi
bagia-bagian dari kalimat. Mana S, V, dan O.
·
Membimbing siswa untuk membuat kalimat
pasif dengan berbagai bentuk tenses.
·
Mengajak
siswa ikut serta dalam menjawab soal yang telah diberikan oleh guru
·
Membimbing siswa untuk terbiasa
menggunakan tanda baca yang baik dan benar dalam menulis kalimat.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi guru:
·
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi apresiasi dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
·
Memberikan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah di lakukan.
·
Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi passive voice.
Kegiatan
akhir (5’)
·
Guru memberikan tugas kepada siswa
(homework)
·
Guru
memberikan kesimpulan tentang materi
yang telah di sampaikan.
·
Mengucapkan
salam kepada siswa ketika hendak keluar dari ruang kelas.
G.Sumber
/ Bahan / Alat
·
English Grammar Third Edition Betty
Schrampfer .A
·
Sricpt dari buku
·
Kamus.
·
Infokus
H.Penilaian
Indikator,
Teknik, Bentuk, dan Contoh
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Merubah kalimat aktif menjadi kalimat
pasif sesuai dengan S, V, dan O
|
Tes tertulis
|
Mengerjakan latihan soal.
|
Change these active sentences into their passive
forms!
|
E.
Pedoman
penilaian
Kriteria
|
Jika menulis
kata-kata benar, kalimat benar, dan sesuai dengan structure.
|
Jika
kata-kata benar, kalimat benar, dan tidak sesuai dengan structure.
|
jika
kata-kata benar, kalimat kurang tepat
dan tidak sesuai dengan structure.
|
Jika kata-kata
salah, kalimat salah, dan tidak sesuai dengan structure.
|
Nilai
|
100
|
90
|
80
|
70
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
Ika Handayani, M.pd
|
Tangerang, 1
April 2012
Guru
Eka Uliyanti Putri br Bangun
NIM : 2223102034
|
Komentar