LEMBAR KERJA DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MENENTUKAN GAMBARAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN - SEKOLAH PENGGERAK
LEMBAR KERJA
DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MENENTUKAN GAMBARAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN
Nama Guru : Rahmawati,
MM
Satuan Pendidikan :
SMAN 4 TANGERANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Fase yang diampu : FASE E
Elemen/domain yang dipilih :
Kewirausahaan
No. |
Kompetensi
yang ingin dicapai |
Gambaran Aktivitas Pembelajaran |
Faktor Pertimbangan
Penentuan Gambaran Aktivitas Pembelajaran |
1. |
Memahami karakteristik
kewirausahaan (misalnya berorientasi ke masa depan dan berani menjalankan
resiko) dalam menjalankan kegiatan usaha |
·
Membaca atau menonton video
tentang kisah sukses dan kegagalan seorang wirausahawan ·
Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum dipahami dari
bacaan atau tayangan video ·
Mengumpulkan data/informasi
tentang pengertian kewirausahaan, macam- macam kualitas dasar dan kualitas insrumental
wirausaha yang berhasil dan gagal ·
Menganalisis dan
menyimpulkan informasi/data serta
membuat hubungan antara pengetahuan
kewiraushaan dan praktik/pengalaman wirausahawan Menyajikan hasil
analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media(lisan dan tulisan) |
·
Ketersediaan bahan literasi ·
Fasilitas internet yang mendukung ·
Gaya belajar peserta didik ·
Kegemaran peserta didik ·
Sarana Prasarana
pembelajaran |
1. Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang manakah yang berkaitan erat
dengan kompetensi yang ingin dicapai dan gambaran aktivitas pembelajaran yang
sudah Bapak/Ibu kerjakan di atas ?
Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang
ingin dicapai yaitu beriman bertakwa
kepada TYME dan berakhlak mulia (menunjukkan sikap spiritual), bernalar kritis (mampu menalar teori
menjadi unjuk kerja), Kreatif (kreativitas
dalam melakukan praktik gerak), Bergotong
Royong (siswa berkolaborasi dengan siswa lainnya untuk memecahkan suatu
masalah), Berkebinekaan Global (siswa
mampu merefleksi proses pembelajaran)
2. Sebutkan tiga hal yang Bapak/Ibu pahami mengenai Capaian Pembelajaran
a. Capaian Pembelajaran berfokus pada apa yang diharapkan pada siswa di
akhir pembelajaran
b. Capaian Pembelajaran menggunakan pendekatan berbasis hasil
c. Capaian Pembelajaran merupakan kompetensi minimal yang harus dicapai
peserta didik untuk setiap mata pelajaran sesuai dengan Keputusan Menteri
Republik Indonesia Nomor 958 tahun 2020
3. Hal baru terkait Capaian Pembelajaran
a.
Siswa akan belajar sesuai fase /
tahap capaian belajar
b. Peserta didik di satu kelas yang sama bisa jadi belajar dalam fase
pembelajaran yang berbeda
c. Durasi setiap fase berbeda pada setiap jenjang pendidikan seperti
durasi 2 tahun di SD disebabkan banyaknya sekolah yang menggunakan kelas multi
usia (multi aging class) dengan mengakomodir 2 kelas. Sedangkan durasi fase di
SMP didasari oleh alasan tahap perkembangan dan di SMA didasari oleh kebutuhan
siswa SMA untuk memperkuat materi dan keterampilan di SMP dan peminatan
4. Sebutkan satu hal yang
ingin Bapak/Ibu tanyakan terkait Capaian Pembelajaran !
a. Apakah mapel
pada kelompok MIPA dan IPS di kelas XI dan XII akan dipelajari oleh seluruh
siswa atau siswa tertentu saja yang memilihnya?
b. Apakah
lembar rapor yang akan diterima siswa berisi banyak lembaran seperti rapor
Kurikulum 2013?
c. Apakah jika
ada siswa di kelas 10 yang belum berhasil menyelesaikan Fase E bisa naik ke
kelas XI untuk melanjutkan Fase F?
d. Jika ada siswa seperti diatas
apakah siswa dengan fase yang sama dapat dikelompokkan menjadi 1 kelas yang
sama di fase F?
a. Apakah jika ada siswa di kelas 10 yang belum berhasil menyelesaikan
Fase E bisa naik ke kelas XI untuk melanjutkan Fase F ?
b.
Jika ada siswa seperti diatas
apakah siswa dengan fase yang sama dapat dikelompokkan menjadi 1 kelas yang
sama di fase F ?
Komentar