khasiat timun untuk kecantikan

Mentimun, timun, atau ketimun dan nama lain Cucumis sativus merupakan salah satu buah yang cukup kita kenal karena biasanya buah yang satu ini tidak pernah ditinggalkan ketika menyajikan sebuah hidangan. Buah ini juga gampang untuk didapatkan dan harganya juga sangat murah.

Manfaat Mentimun

Ternyata tak kalah dengan harganya yang murah dan gampang didapatkan, mentimun juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa bermanfaat terutama dalam pembahasan kali ini adalah kecantikan. Apa saja manfaat mentimun untuk kecantikan?

Mengatasi Wajah Kusam

Daripada bingung mencari cara ampuh mengatasi kulit wajah yang kusam, sebaiknya Anda mencoba mentimun dan merasakan manfaatnya sendiri. Kupas mentimun kemudian parut, campur dengan sedikit air dan oleskan pada wajah selama 15 menit. Basuh dengan air hangat dan lalukan secara rutin. Wajah bebas kusam dan mengatasi minyak berlebih pada wajah.

Menyegarkan Mata

Mata yang lelah akan menjadi segar seketika dengan mengiris mentimun kemudian meletakkannya di atas bagian mata selama 15 menit. Menyegarkan mata dan mengurangi sembab pada mata.

Mengatasi kulit yang terbakar matahari

Aktifitas di luar ruangan apalagi membuat kita sering terkena sinar matahari terkadang menyebabkan kulit terbakar. Mentimun dapat mengatasi kulit wajah yang gelap dan mungkin terasa perih. Timun banyak mengandung silikon dan fluorin yang bersifat mendinginkan dan menyegarkan serta berfungsi sebagai astringent.

Kupas mentimun, parut, kemudian simpan selama 30 menit di dalam lemari es. Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan 20 menit. Terakhir, basuh dengan air dingin dan keringkan perlahan dengan ditepuk-tepuk menggunakan kain lembut.

Membersihkan Wajah

Mentimun dapat dijadikan masker alami yang berfungsi untuk mengatasi masalah noda pada wajah, baik itu flek ataupun noda bekas jerawat. Blender buah mentimun hingga halus, tambahkan 1 sendok susu non fat dan 1 sendok yogurt. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga 15 menit. Kemudian, basuh dengan menggunakan air dingin.

Sebagai Penyegar

Kandungan yang berguna sebagai antiseptik dalam mentimun dapat membunuh kuman sebagai akar penyebab jerawat pada wajah dan mengencangkan kulit wajah. Wajah akan terlihat bersih mulus. Blender mentimun, saring dengan menggunakan kain untuk mengambil sarinya. Ambil 3 sendok teh daun hortensi/ kembang bokor dan 2 sendok teh air yang sudah masak. Simpan di dalam botol tertutup dan letakkan pada lemari es. Penyegar alami ini dapat dipakai hingga beberapa minggu. Cara penggunaannya yakni gunakan cotton bud atau kapas untuk mengusapkannya pada wajah.

Mentimun mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalium, kalsium, seng, magnesium dan besi sangat bermanfaat bukan hanya untuk kecantikan tetapi juga sebagai bahan melangsingkan tubuh.

Komentar

Postingan Populer