LEMBAR KERJA DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MENENTUKAN GAMBARAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN - SEKOLAH PENGGERAK

 

LEMBAR KERJA DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MENENTUKAN GAMBARAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN

Nama Guru                                        : Rahmawati, MM

 

Satuan Pendidikan                          : SMAN 4 TANGERANG

 

Mata Pelajaran                                 : Ekonomi

 

Fase yang diampu                           : FASE E Elemen/domain yang dipilih      : Kewirausahaan

 

 

No.

Kompetensi yang ingin dicapai

Gambaran Aktivitas Pembelajaran

Faktor Pertimbangan Penentuan Gambaran Aktivitas Pembelajaran

1.

Memahami karakteristik kewirausahaan (misalnya berorientasi ke masa depan dan berani menjalankan resiko) dalam menjalankan kegiatan usaha

·      Membaca atau menonton video tentang  kisah  sukses dan kegagalan seorang wirausahawan

·      Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum dipahami dari bacaan atau tayangan video

·      Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian kewirausahaan, macam- macam  kualitas dasar dan kualitas insrumental wirausaha yang berhasil dan gagal

·      Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat hubungan antara pengetahuan  kewiraushaan dan praktik/pengalaman wirausahawan

Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media(lisan dan tulisan)

·         Ketersediaan bahan literasi

·         Fasilitas   internet yang mendukung

·         Gaya belajar peserta didik

·         Kegemaran peserta didik

·         Sarana Prasarana pembelajaran

 

 Setelah bapak/Ibu berhasil menyelesaikan tugas di sesi Demonstrasi Kentekstual ini, silakan bapak/Ibu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

1.  Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang manakah yang berkaitan erat dengan kompetensi yang ingin dicapai dan gambaran aktivitas pembelajaran yang sudah Bapak/Ibu kerjakan di atas ?

 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai yaitu beriman bertakwa kepada TYME dan berakhlak mulia (menunjukkan sikap spiritual), bernalar kritis (mampu menalar teori menjadi unjuk kerja), Kreatif (kreativitas dalam melakukan praktik gerak), Bergotong Royong (siswa berkolaborasi dengan siswa lainnya untuk memecahkan suatu masalah), Berkebinekaan Global (siswa mampu merefleksi proses pembelajaran)

 

 

2.  Sebutkan tiga hal yang Bapak/Ibu pahami mengenai Capaian Pembelajaran

 

a.       Capaian Pembelajaran berfokus pada apa yang diharapkan pada siswa di akhir pembelajaran

b.       Capaian Pembelajaran menggunakan pendekatan berbasis hasil

c.       Capaian Pembelajaran merupakan kompetensi minimal yang harus dicapai peserta didik untuk setiap mata pelajaran sesuai dengan Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 958 tahun 2020

 

3.  Hal baru terkait Capaian Pembelajaran

a.       Siswa akan belajar sesuai fase / tahap capaian belajar

b.       Peserta didik di satu kelas yang sama bisa jadi belajar dalam fase pembelajaran yang berbeda

c.       Durasi setiap fase berbeda pada setiap jenjang pendidikan seperti durasi 2 tahun di SD disebabkan banyaknya sekolah yang menggunakan kelas multi usia (multi aging class) dengan mengakomodir 2 kelas. Sedangkan durasi fase di SMP didasari oleh alasan tahap perkembangan dan di SMA didasari oleh kebutuhan siswa SMA untuk memperkuat materi dan keterampilan di SMP dan peminatan

 

 4. Sebutkan satu hal yang ingin Bapak/Ibu tanyakan terkait Capaian Pembelajaran !

a. Apakah mapel pada kelompok MIPA dan IPS di kelas XI dan XII akan dipelajari oleh seluruh siswa atau siswa tertentu saja yang memilihnya?

b. Apakah lembar rapor yang akan diterima siswa berisi banyak lembaran seperti rapor Kurikulum 2013?

c. Apakah jika ada siswa di kelas 10 yang belum berhasil menyelesaikan Fase E bisa naik ke kelas XI untuk melanjutkan Fase F?

d. Jika ada siswa seperti diatas apakah siswa dengan fase yang sama dapat dikelompokkan menjadi 1 kelas yang sama di fase F?


             4.  Pertanyaan terkait Capaian Pembelajaran

a.       Apakah jika ada siswa di kelas 10 yang belum berhasil menyelesaikan Fase E bisa naik ke kelas XI untuk melanjutkan Fase F ?

b.       Jika ada siswa seperti diatas apakah siswa dengan fase yang sama dapat dikelompokkan menjadi 1 kelas yang sama di fase F ?

Komentar

Postingan Populer